Cara Registrasi Kartu Tri (3)

Sesuai imbauan pemerintah bahwa setiap pengguna kartu SIM prabayar baik itu pengguna baru atau pun pengguna lama, wajib untuk melakukan registrasi kartu tri.

Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap konsumen dari penyalahgunaan nomor ponsel oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Setiap operator SIM Card pastinya memiliki cara registrasinya masing-masing, misalnya saja TRI, ada beberapa metode yang bisa digunakan.

Namun sebelum itu kamu harus menyiapkan data berupa nomor KK dan NIK sebagai syarat dalam melakukan registrasi kartu tri (3).

Cara Registrasi Kartu Tri (3)

Untuk melakukan registrasi kartu tri, pengguna diharuskan menyiapkan data yang sudah disebutkan di atas. Setelah siap, ada 4 cara yang bisa digunakan.

1. Melalui SMS

Untuk pengguna baru atau pengguna yang baru saja membeli kartu perdana tri, bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi Pesan di HP kamu.
  2. Tuliskan pesan dengan format NIK#No_KK# kirim ke 4444. Contoh format pesan 7307051708930007#7307057088120023#.Registrasi Kartu Tri Via SMS
  3. Tunggu beberapa saat hingga ada balasan bahwa registrasi yang kamu lakukan telah berhasil.

Jika kamu pengguna lama, dan ingin melakukan registrasi ulang kartu tri (3) ikuti langkah – langkah berikut ini.

  1. Buka aplikasi Pesan di HP kamu.
  2. Kirimkan pesan ke 4444 dengan format ULANG#NIK#No_KK#. Contoh format pesan ULANG#7307051708930007#7307057088120023#.Registrasi Ulang Kartu Tri Via SMS
  3. Pesan registrasi ulang kamu telah terkirim, tunggu beberapa saat hingga mendapat balasan bahwa kartu yang kamu gunakan berhasil melakukan registrasi.

Baca Juga : Cara Daftar Paket Internet Tri 32GB 60 Ribu

2. Melalui Kode Dial

Cara ini merupakan cara yang paling mudah, namun tidak bisa digunakan untuk pengguna baru, karena pengguna baru tidak bisa melakukan panggilan ke nomor manapun sebelum melakukan registrasi.

Jadi cara ini mungkin hanya berlaku bagi pengguna lama. Jika kamu pengguna baru dan ingin mencoba cara ini, boleh saja. Berikut langkah -langkahnya.

  1. Buka aplikasi Panggilan di HP kamu.
  2. Lakukan dial ke *4444#
  3. Akan muncul beberapa pilihan seperti, Registrasi, Cek status registrasi, Cek nomor terdaftar, unreg dan cek imei. Ketik angka 1 untuk melakukan registrasi kartu.Registrasi Kartu Tri Via Dial
  4. Selanjutnya akan muncul menu untuk mengisi NIK. Lakukan pengisian NIK dengan benar, lalu ketik angka 1 untuk melanjutkan.
  5. Permintaan untuk melakukan registrasi telah terkirim. Tunggu beberapa saat hingga kamu mendapatka notifikasi melalui SMS bahwa proses registrasi yang kamu lakukan berhasil.

3. Melalui Web Resmi

Cara ini bisa dilakukan menggunakan HP lain, tidak harus menggunakan HP kamu, karena cara ini dilakukan secara online dengan mengakses web registrasi kartu tri. Berikut langkah – langkahnya.

  1. Silahkan akses website resmi tri untuk melakukan registrasi melalui link berikut ini. https://registrasi.tri.co.id/daftar
  2. Setelah halaman registrasi terbuka, isi data yang diperlukan mulai dari Nomor tri yang akan diregistrasi, NIK, dan No KK.Registrasi Kartu Tri via Web Online
  3. Selanjutnya, pilih metode keamanan data dan kartu. Kamu bisa menggunakan kode rahasia sekali pakai via SMS, atau 4 angka terakhir nomor seri (ICCID).Kode Keamanan via ICCID Kartu Tri
  4. Centang “i’m not a robot” lalu klik tombol Kirim
  5. Tunggu beberapa saat dan kartu kamu sudah berhasil ter-registrasi.

Baca Juga : Cara Cek Kode ICCID Kartu SIM Semua Operator

4. Melalui 3Store

Ini merupakan opsi terakhir yang bisa kamu coba jika ketiga cara di atas tidak membuahkan hasil.

Kamu bisa langsung berkonsultasi dengan Costumer Service 3 yang tersedia di kotamu. Kamu bisa melihat lokasi gerai 3Store melalui link ini https://tri.co.id/3storelocation.

Namun sebelum itu, pastikan kamu membawa KTP dan Kartu Keluarga sebagai kelengkapan berkas untuk memudahkan proses registrasi.

Kamu tidak perlu khawatir mengenai biaya, karena proses registrasi kartu tri melalui gerai 3Store tidak memerlukan biaya sama sekali. Selain itu, melalui gerai 3store kamu juga bisa berkonsultasi mengenai paket internet tri yang cocok untuk kamu gunakan sehari hari.

Cara Cek Status Registrasi Kartu Tri (3)

Setelah melakukan proses registrasi, biasanya akan ada SMS masuk yang memberitahukan bahwa proses registrasi kamu telah berhasil.

Namun jika tidak menerima pesan dari 4444, kamu bisa mencoba cara berikut ini untuk mengetahui status registrasi kartu tri kamu.

  1. Dial ke *4444#.
  2. Ketik angka 2 untuk mengecek status registrasi.
  3. Akan ada SMS dari 4444 yang memberikan informasi status kartu TRI kamu.

Sebenarnya cara paling mudahnya hanya dengan mencoba melakukan panggilan ke nomor mana saja. Jika kartu TRI kamu sudah bisa melakukan panggilan telepon, itu artinya nomor TRI kamu sudah ter-registrasi.

Kesimpulan

Di tahun 2020 ini, registrasi kartu tri sangat diperlukan agar kartu SIM yang telah dibeli bisa digunakan dengan baik, karena setiap kartu SIM, baik itu provider TRI, XL, Indosat, Telkomsel dan lain sebagainya, tidak bisa digunakan sebelum kartu tersebut diregistrasi.

Perlu diingat bahwa, kamu hanya bisa melakukan registrasi kartu sebanyak 3 kartu SIM saja, jika ingin melakukan registrasi lebih dari 3 kartu SIM, kamu harus meng-unregistrasi kartu yang lain terlebih dahulu.

Default image
A. Abdul Mustahab
Senang dengan perkembangan teknologi. Menulis menjadi hal wajib, karena ilmu tidak akan bermanfaat bila di tampung sendiri.

Leave a Reply