Cara Mengatasi Limit Google Drive

Google Drive merupakan salah satu situs layanan penyimpanan online gratis yang kini banyak digunakan di seluruh dunia. Adapun kelebihan utama dari layanan ini adalah besarnya kapasitas yang di berikan secara gratis, yaitu sebesar 15GB per pengguna.

Dalam hal kecepatan pengunduhan, google drive menjadi salah satu penyedia layanan yang paling banyak digunakan. Mungkin karena ini layanan yang dikelolah langsung oleh google sendiri.

Namun, ada beberapa hal yang membuat penggunanya merasa tidak nyaman saat mengunduh melalui google drive, yaitu karena google drive memiliki batas download setiap harinya. Jika kuota download sudah penuh, maka file tidak bisa di unduh pada saat itu. Harus menuggu hingga keesokan harinya untuk kembali dapat mendownload filenya.

Biasanya akan muncul pesan “Sorry, you can’t view or download this file at this time.” atau dalam bahasa indonesia “Maaf, Anda tidak dapat melihat atau mendownload file ini sekarang.”

Mengatasi Limit Google Drive

Normalnya, Untuk mendownload file yang terkena limit google drive, harus menuggu hingga hari berikutnya untuk bisa di download kembali karena batas kuota terlampaui. Tapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

1. Buat Salinan File

Yang perlu dilakukan adalah dengan membuat salinan file. Google membatasi pengunduhan 1 file dalam satu harinya, namun jika file tersebut di duplikasi, maka akan muncul file baru yang memiliki jumlah limit download yang baru.

Artinya, file duplikasi ini dapat di download tanpa halangan. Lalu, bagaimana cara menyalin file yang terkena limit download?. Ikuti langkah berikut ini.

Langkah 1 : Pastikan akun google kamu telah login di browser.

Langkah 2 : Perhatikan link url yang ada di adressbar. Ganti tulisan uc menjadi open.

Google Drive Limit

Langkah 3 : Klik icon google drive di sudut kanan atas untuk menambahkan file tersebut ke dalam google drive kamu.

Google Drive Limit Download

Langkah 4 : Buka https://drive.google.com, cari file yang telah ditambahkan tadi. Klik kanan file tersebut, pilih Buat Salinan.

Salin File Google Drive Limit

Langkah 5 : File hasil salinan akan muncul dengan awalan kata salinan. Klik kanan file salinan dan pilih Download.

Mengatasi Limit Google

Di sini file akan terdownload tanpa limit lagi.

Penting : Jika dalam proses penyalinan muncul pesan “Failed To Create File”. Berarti ukuran penyimpanan google drive kamu sudah penuh. Solusinya, hapus file besar yang tidak penting.

2. Menggunakan Yuu Drive

Cara kedua ini sebenarnya lebih simple, cara kerjanya sama dengan menyalin file yang terkena limit, namun tanpa menggunakan akun google drive sendiri, melainkan akun google drive penyedia layanan Yuu Drivenya.

Intinya dengan cara ini, kamu hanya perlu klik klik saja tanpa harus repot menyalin file. Ikuti langkah berikut ini untuk mendownload file gdrive yang terkena limit melalui Yuu Drive.

Langkah 1 : Silahkan buka situs https://yuudrive.me/tools/bypass-gdrive dan pastekan link google drive yang terkena limit dan klik Get Link.

Mengatasi Google Drive Limit

Langkah 2 : File yang terkena limit telah digenerate. Klik tombol Go to Link untuk mendownload file.

Mengatasi Google Drive Limit Download

Langkah 3 : Silahkan lakukan download seperti biasa.

Info : Jika link yang telah di generate masih tetap terkena limit, sebaiknya gunakan cara pertama.

3. Langkah Cadangan

Kami harap langkah pertama dan kedua bisa membantu menyelesaikan masalah yang kamu alami. Namun, jika cara itu belum juga membuahkan hasil, coba lakukan langkah berikut ini.

B . E . R . S . A . B . A . R

Hmm… dengan bersabar dan menunggu 24 jam merupakan hal yang paling ampuh.

Jangan terlalu serius. 😀


Demikian cara ampuh mengatasi limit download google drive. Cara mana yang menurut kamu mudah?.

Default image
A. Abdul Mustahab
Senang dengan perkembangan teknologi. Menulis menjadi hal wajib, karena ilmu tidak akan bermanfaat bila di tampung sendiri.

Leave a Reply